Pengertian, Fungsi, Rumus dan Contoh Adjective Clause

Adjective clause merupakan salah satu bagian atau elemen penting yang sering digunakan dalam bahasa Inggris. Jadi jika kamu ingin memahami teks atau percakapan dalam bahasa Inggris yang sudah menggunakan tata bahasa yang kompleks, maka kamu harus menguasai benar cara penggunaan adjective clause. Materi yang satu ini dibilang kompleks karena ada kalimat di dalam kalimat, sehingga jika kita salah menentukan subjek utama dan subjek untuk kalimat yang itu adalah adjective clause, maka bisa mengakibatkan salah paham.

A. Pengertian Adjective Clause.

apa itu adjective clause dan contoh kalimatnyaLalu apa itu adjective clause? Adjective clause adalah grammar yang terdiri dari dua kata, yaitu adjective dan clause. Adjective berfungsi untuk menjelaskan noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti benda). Sedangkan clause adalah kumpulan dua kata atau lebih yang memiliki subjek tapi belum sempurna sehingga belum bisa dikatakan kalimat.

Jadi yang dimaksud dengan adjective clause adalah kumpulan dua kata atau lebih (yang mengandung subjek dan verb) yang berfungsi sebagai kata sifat (adjective). Perhatikan contoh di bawah ini:

The girl who looks sad is reading a novel (Gadis yang terlihat sedih itu, sedang membaca novel).
Klausa: who looks sad berupa subjek dan verb yang bertugas sebagai kata sifat yang menjelaskan “The girl”.

B. Fungsi Adjective Clause.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa adjective clause berfungsi sebagai kata sifat (adjective) yang menjelaskan sebuah kata benda sehingga membuat sebuah kata benda yang umum menjadi lebih spesifik atau lebih khusus.

Misal contoh diatas, jika kita tidak memberi adjective clause pada kalimat “the girl is reading a novel” sementara ada dua gadis yang sama-sama membaca novel di tempat yang sama, tentu pendengar akan bingung. Oleh karena itu harus lebih diperjelas, mana gadis yang dimaksud oleh pembicara dengan memberikan adjective cluase.

C. Rumus Adjective Clause.

Adjective clause bisa berupa relative pronoun maupun relative adverb:

  1. Relative Pronoun.
    Relative pronoun adalah klausa yang diawali dengan who, whom, which, whose, that yang berfungsi untuk menjelaskan atau menggambarkan sebuah noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti benda).
    Contoh:
    The man who called me last night is my father (Pria – yang memanggilku kemarin malam – adalah ayahku). Kalimat inti yang sebenarnya adalah: The man is my father. Sementara klausa “who called me last night” hanyalah sebagai adjective clause yang menjelaskan kata The man agart tidak salah dengan the man yang lain.
    Dalam praktik, kata-kata who, whom, which, whose dan that sering dihilangkan untuk menyederhanakan kalimat. Tapi yang jelas tidak mengurangi arti dan maksud dari kalimat tersebut.
    Contoh:
    You are the one whom I love > You are the one I love. Artinya tetap sama, yaitu kamu adalah orang yang aku cintai. Pembahasan ini bisa kamu dapatkan pada artikel: Eliptical construction.
  2. Relative Adverb.
    Sementara itu, relative adverb adalah klausa yang diawali dengan kata where, when dan why yang juga berfungsi untuk menjelaskan atau menggambarkan kata benda (noun).
    Contoh:
    This is the place where we met last year (Ini adalah tempat – dimana kita bertemu tahun lalu). Kalimat intinya adalah this is the place. Sementara klause “where we met last year” adalah adjective clause yang menjelaskan the place.

D. Contoh Kalimat Adjective Clause.

  1. The car that I bought last year was belong to my neighbor.
  2. I don’t know the man who came in to your home.
  3. I will donate my money to whom ask for it first.
  4. The man whose hat is white is my uncle.
  5. We have arrived to the town where I was born.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian, Fungsi, Rumus dan Contoh Adjective Clause. Semoga bermanfaat. Jika kamu suka artikel ini, so please gimme your Like, Twit or Comment bellow. Thank you.

Jangan lupa share ya...
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

14 Comments on "Pengertian, Fungsi, Rumus dan Contoh Adjective Clause"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest
Usman Usman

tks blok ini sangat bermanfaat khususnya buat saya pribadi, semoga bagi yang lain pun sama

Yosafat

accepted the love of many,this site is very useful for me personally.

Abdul Basir Laupe

is very good

Leo Windi

adjective is very good

Adhityo Ibnu Harmanth

Lalu perbedaan antara Who, whom, which, whose…. Dan where, when & why sendiri apa…?? Apakah ada perbedaan penggunaan nya thanks…

Hatyah Ningsih Ammasyf

thanks… sangat bermanfaat

Ellenoir Malvina

Thanks a lot! this explanation helped me so much on my college studies! Kudos to you 😀

Ririz Wardinata

Mau nanya min, the man kan jamak ya min, apa kah bisa pke who atau hnya boleh pke whose aja? Tolong bantuannya

Okto AL Tampubolon

Mohon bantu penyempurnaan kalimaat ini ke adjective clause

-I saw the man, he close the door

Michael Sugianto Panggabean

nice topic, i like it

Zheea Rahmawati

Thnkz it’s useful

Abah Mujib

Thanks a lot for this website very useful for my child

trackback

[…] Pengertian, Fungsi, Rumus dan Contoh Adjective Clause […]

wpDiscuz