Perbedaan Phrase Clause dan Sentence dalam Bahasa Inggris

Setelah mengetahui unsur kalimat dalam bahasa Inggris, maka yang harus kita tahu selanjutnya adalah perbedaan phrase clause dan sentence dalam bahasa Inggris. Karena phrase, clause dan sentence merupakan unsur lanjutan yang dibentuk dari kombinasi beberapa unsur kalimat dan kalimat itu sendiri dalam bahasa Inggris.

perbedaan antara phrase clause dan sentence dalam bahasa inggris disertai dengan contohnya

A. Phrase.

Phrase atau dalam tata bahasa Indonesia disebut dengan frase merupakan kumpulan dua kata (unsur kalimat) atau lebih namun belum tidak memiliki subjek dan verb atau kata kerja sebagai predikatnya.
Contoh:

  1. Due to my careless (karena kecerobohanku),
  2. broken into pieces (pecah menjadi beberapa bagian),
  3. broken heart (patah hati),
  4. falling in love (jatuh cinta).

B. Clause.

Clause merupakan kumpulan dua kata (unsur kalimat) atau lebih yang telah memiliki subjek dan verb atau kata kerja yang menjadi predikatnya. Jadi bisa dikatakan bahwa clause dibuat dengan menggunakan gabungan dua phrase atau lebih.
Contoh:

  1. If you have a car. Kalimat ini sudah mengandung subjek (you) dan predikat (have) tapi belum menjadi kalimat yang sempurna karena belum mampu memberikan pemahaman yang sempurna, jika kamu memiliki mobil, (terus..?)
  2. Because you are so sweet. Kalimat ini juga merupakan clause karena masih membutuhkan kalimat lain yang menyebabkan kalimat ini muncul. Misalnya untuk menjadi sebuah kalimat (sentence), maka kita bisa melengkapinya dengan: I love you because you are so sweet.

Jadi untuk bisa membedakan apakah suatu kumpulan kata merupakan phrase atau clause kita harus bisa mengetahui apakah kumpulan dua kata atau lebih tersebut mengandung subjek dan predikat atau tidak.

C. Sentence.

Sentence atau dalam bahasa Indonesia adalah kalimat adalah susunan kata yang terbentuk dari baik phrase atau clause yang dapat memberikan pemahaman yang utuh (tidak terpotong) dan dimulai dengan huruf besar.
Contoh: If you have a car, I will borrow for a moment to pick up my parent. Gabungan dua clause ini menjadi sebuah kalimat karena dapat memberikan pemahaman yang tuntas kepada orang lain tanpa menimbulkan pertanyaan.

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan phrase clause dan sentence dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat. Jika kamu menyukai penjelasan ini mohon berikan like, twit atau komentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , . Bookmark the permalink.