Fungsi dan Rumus Conditional Sentence Type 1 2 3

A. Pengertian

Conditional sentence menurut rumus dan fungsinya dibagi menjadi 3 type, yaitu type 1, 2 dan 3. Yang dimaksud dengan Conditional Sentence itu sendiri adalah gabungan 2 kalimat dimana salah satunya adalah kalimat syarat, dan yang lainnya adalah akibat dari pelaksanaan syarat tersebut.

pengertian, fungsi dan rumus conditional sentence type 1 2 3 dan perbedaannya

Misalnya, jika nanti aku lulus Ujian dengan nilai 10 semua, maka aku akan traktir semua teman-teman sekelas. Jika syarat lulus terpenuhi, maka akibatnya saya akan mentraktir, jika tidak lulus, maka saya tidak akan mentraktir. Jadi selalu ada Jika (If).

B. Fungsi Conditional Sentence.

Rumus Conditional Sentence terbagi ke dalam 3 type tergantung dari tingkat kemungkinan terjadinya atau terlaksananya syarat yang diajukan. (Jika kamu ingin mempelajari penjelasan secara lebih jelasnya silahkan klik conditional sentence sesuai yang kamu inginkan).

  1. Conditional Sentence Type 1.
    Conditional sentence type pertama ini dapat digunakan untuk membuat sebuah kalimat bersyarat yang masih masih memungkinkan sekali untuk dicapai syaratnya karena baru akan terjadi pada masa yang akan datang. Contoh: I will give you money if my car is sold. Saat mengucapkan mobilnya belum laku terjual dan ada peluang besar akan terjual sehingga peluang untuk memberikan uang masih besar.
  2. Conditional Sentence Type 2.
    Conditional sentence tipe kedua ini dapat digunakan untuk menunjukkan suatu kalimat bersyarat yang kemungkinan terpenuhinya akan sulit.
    Contoh: If I found your home, I would see you. Jika aku menemukan rumahmu, aku akan menemuimu tapi kenyataannya aku sulit menemukan rumahmu. Walaupun jika mau berusaha lebih keras bisa ketemu.
  3. Conditional Sentence Type 3.
    Conditional sentence type ketiga ini digunakan untuk menunjukkan kalimat bersyarat yang tidak mungkin dipenuhi karena masanya sudah lampau.
    Contoh: If I had knew that your name is Salimah, I would not have gone to your wedding party. Kalau saja (waktu itu) aku tahu Salimah itu namamu, tak mungkin aku hadiri pesta perkawinanmu. Jadi sudah kadung datang dan niat untuk tidak menghadiri pesta perkawinan tidak bisa dipenuhi.

C. Rumus Conditional Sentence Type 1 2 3.

  1. Conditional Sentence Type 1.
    If + Subject + will + infinitive, Subject + verb-1.
  2. Conditional Sentence Type 2.
    If + Subject + would + infinitive, Subject + verb-2.
  3. Conditional Sentence Type 3.
    If + Subject + would + have + Verb-3, Subject + had + verb-3.

Hot Tips: Jika kita perhatikan ketiga rumus di atas (perhatikan yang diberi warna hijau), maka kita akan melihat bahwa untuk type 1, unsur kalimatnya menggunakan verb 1 dan will yang itu adalah kata kerja bentuk ke-1. Begitu juga type 2 dan 3. Dengan begitu kita akan lebih mudah menghafalkan rumusannya.

Demikianlah penjelasan tentang Fungsi dan Rumus Conditional Sentence Type 1 2 3. Semoga membantu. Jika kamu menyukai artikel ini, mohon like, twit atau berkomentar di bawah ini.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.