Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimat Adjective

A. Pengertian Adjective.

Adjective adalah kata yang merupakan salah satu bagian dari part of speech yang berfungsi untuk menjelaskan noun (kata benda) termasuk Pronoun (kata ganti benda/orang). Adjective biasanya mendahului kata benda atau kata ganti yang diberi sifat atau bisa juga berdiri sendiri jika menjadi objek sebuah kalimat nomimal. Cara termudah untuk mengetahui sebuah kata adjective adalah dengan menggabungkannya dengan kata: “Yang” (walaupun tidak mutlak). Jika digabungkan dengan kata “yang” tapi tidak logis, maka itu bukanlah kata sifat (adjective). Seperti: jangan yang putih; jangan yang tinggi; jangan yang rusak.

Contoh Kalimat Adjective:

  1. My sister is not only beautiful but also tall. (Kakakku tidak hanya cantik, tapi juga tinggi.)pengertian dan contoh kalimat adjective atau kata sifat dalam bahasa inggris
  2. Tonight is very quiet and dark. (Malam ini sangat sunyi dan gelap)
  3. I met a big gorilla in the zoo yesterday. (Aku bertemu seekor gorila yang sangat besar.)
  4. I have some girl friends, but you are the best. (Aku mempunyai beberapa pacar, tapi kamu adalah yang terbaik).
  5. The man who is standing on the bridge is a terrorist. (Orang yang berdiri di atas jembatanitu adalah seorang teroris).

B. Jenis Adjective.

  1. Original Adjective.
    Artinya, adjective dalam pengertian ini tidak terbentuk dari unsur kata apapun, melainkan memang dia tercipta untuk menjadi adjective.
    Contoh: Don’t step on the floor, it still wet.
  2. Past Participle.
    Past participle atau yang biasa kita kenal dengan V3 seperti: confused (bingung), broken (rusak) juga bisa menjadi adjective.
    Contoh: Please help me to fix my broken car (tolong perbaiki mobilku yang rusak)
  3. Article.
    Seagian ahli grammar ada juga yang menganggap bahwa article juga termasuk adjective. Yang termasuk article adalah “a”, “an”, dan “the”.
  4. Possessive Adjective.
    Possessive bisa diartikan dengan “kepemilikan”. Dan yang dimaksud di sini adalah possessive pronoun yang terdiri dari: my, your, his, her, its, their. Walaupun sebenarnya possessive pronoun tidak menerangkan atau menjelaskan kata benda, tapi oleh para ahli grammar dimasukkan dalam kategori adjective.
  5. Demonstrative Adjective.
    Yang dimaksud dengan demonstrative adjective adalah kata tunjuk seperti: these, this, that. Contoh: When the librarian tripped over that cord, she dropped a pile of books.
  6. Interrogative Adjective.
    Karena interrogative, maka tentu menggunakan kata tanya seperti: what dan which. contoh: Which plants should be watered twice a week?

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian, Jenis dan Contoh Kalimat Adjective (kata sifat), semoga membantu dan jika menurut kamu tulisan ini bermanfaat, mohon sharenya melalui tombol Like atau dengan meninggalkan komentar di bawah ini. Terima Kasih.

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.