Pengertian, Generic Structure, Ciri Recount Text dan contoh

Share to Friends:

A. Pengertian Recount Text dan Contoh

Istilah recount berasal dari bahasa Prancis conter yang memiliki dua arti yaitu menghitung ulang dan menceritakan sebuah cerita: The word count comes from the old French conter, which means “add up” or “tell a story”.(vocabulary.com). Jadi jika kamu bingung karena mendengar recount digunakan sebagai istilah bahasa Inggris dalam penghitungan ulang suara pemilu, dan juga digunakan dalam pelajaran bahasa Inggris khususnya dalam genre of text, maka kamu tidak perlu bingung lagi. Karena istilah ini memang digunakan untuk kedua makna tersebut. Lalu untuk membedakannya? cukup lihat kontek atau tema pembicaraannya.

B. Tujuan Recount text

Tujuan komunikatif dari recount text adalah untuk menceritakan pengalaman atau kejadian dan peristiwa yang terjadi pada masa lalu secara kronologis atau secara berurutan dengan tujuan untuk entertain atau menghibur pembaca atau pendengar. Dalam bahasa Inggris, tujuan recount text:

The purpose of a recount is to list and describe past experiences by retelling events in the order in which they happened (chronological order). Recounts are written to retell events with the purpose of either informing or entertaining their audience (or both)

C. Generic Structure Recount Text

  1. Orientation
    Pada bagian ini, penulis memulai cerita dengan mengenalkan latar belakang informasi yang menjawab, kapan, di mana kejadian atau peristiwa itu terjadi pada masa lampau.
  2. Events
    Setelah menceritakan latar belakang atau identitas pelaku, setting tempat dan waktunya, pada bagian ini barulah penulis mulai menceritakan jalannya cerita secara urut atau kronologis.
  3. Reorientation
    Generic structure dari recount text yang terakhir adalah reorientation, banyak yang menjelaskan bagian ini dengan rangkuman yang berisi pengulangan bagian orientation. Tapi bagi saya, bagian ini sebenarnya adalah bagian conclusion (kesimpulan) atau penutup yang mengekspresikan pendapat pribadi penulis tentang kejadian yang telah diceritakan. Misalnya cerita tentang liburan, maka penulis akan menyimpulkan kesan tentang liburannya dengan “what an exciting holiday! I will go there again someday“.

D. Ciri-ciri Recount Text

  1. Memiliki judul yang merangkum teks.
  2. Karena menceritakan peristiwa yang terjadi di masa lampau, maka recount text selalu menggunakan past tense. Last week, I went to Bali island with my family.
  3. Karena berurutan (kronologis) sering menggunakan kata sambung yang menghubungkan peristiwa-peristiwa dalam waktu, seperti as next, later, when, then, after, before, first.
  4. Menceritakan menggambarkan peristiwa, sehingga banyak digunakan terbuat dari verb (kata kerja), dan kata keterangan (yang menggambarkan secara lebih detail  bagaimana verb (kata kerja) dilakukan).

E. Contoh Recount Text dan Penjelasannya

gambar pantai indrayanti untuk recount text dan contoh serta penjelasannyaContoh 1: Vacation to Indrayanti Beach

Last weekend, after visiting my parent at Wonosari Gunungkidul, I and my family went to Indrayanti Beach to spend our holiday by our own car.

The way to get Indrayanti Beach is very zigzag and it’s very quiet in the middle of night. We almost got lost since we never go there before, but eventually we got there safely. We hardly got a room to stay overnight because it was long weekend so that we could not find a room easily.

We got up so early in the morning that we could enjoy sunrise landscape at the beach. My son was playing white sand with his sister while I took their picture.

A day at Indrayanti beach felt so short, we were quite tired for playing a whole day, but we were very happy.

Penjelasan:

  • Paragraf pertama: Orientation, pada bagian ini penulis mencoba mengenalkan pelaku, tempat dan waktu peristiwanya.
  • Paragraf kedua dan ketiga: Events, dua paragraf ini berisi event atau urutan kejadian dalam peristiwa perjalanan dan kegiatan pelaku (we) di pantai Indrayanti.
  • Paragraf keempat: Reorientation, penulis mengakhiri cerita tentang perjalanan pelaku dengan membuat kesimpulan bahwa sekalipun pelaku lelah, tapi mereka merasa senang.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian, Generic Structure, Ciri Recount Text dan contoh. Semoga membantu. Jika kamu suka artikel ini, mohon sumbangan like, twitnya atau dengan meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

19 Comments on "Pengertian, Generic Structure, Ciri Recount Text dan contoh"

Kabari saya jika
avatar
Susun berdasar:   terbaru | terlama
trackback

[…] 29, 2016 « Pengertian, Generic Structure, Ciri Recount Text dan contoh Pengertian, Structure, Ciri Explanation Text dan Contohnya […]

Fadli Banurea

thanks for ur learning 🙂

Affandi M Nur

Thank you verymuch, it makes me happy

Akmal Rhia Smansa Scout

tdk bagus

Bagus Fals

saya nyari tugas bahasa inggris ga ada yng benar payah

wpDiscuz