Pengertian, Tujuan, Ciri, Descriptive Text dan Contohnya

A. Pengertian, Tujuan, Ciri, Descriptive Text dan Contohnya

Sebelum melihat Apa itu definisi descriptive text secara utuh, mari kita pahami apa yang dimaksud dengan kata descriptive itu sendiri. Descriptive adalah kata sifat yang jika kita artikan dalam bahasa Indonesia berarti deskripsi (gambaran). Jika kamu diminta untuk mendeskripsikan sebuah benda, itu artinya kamu harus menggambarkan benda yang dimaksud baik dari ukuran, warna dan lain sebagainya. Menurut Wikipedia, yang dimaksud dengan Descriptive text adalah: “satu kaedah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri”. Jadi yang dimaksud dengan descriptive text adalah sebuah tulisan atau teks yang menggambarkan sifat-sifat yang melekat pada sesuatu, baik itu manusia, hewan, tumbuhan, ataupun benda mati seperti rumah, mobil dan lain sebagainya.

B. Tujuan Descriptive Text

Dilihat dari pengertiannya di atas, maka sebenarnya kita sudah bisa memahami apa itu tujuan descriptive text. Tujuannya tidak lain adalah untuk menggambarkan segala sesuatu baik itu manusia, hewan, tumbuhan atau benda mati dengan sifat yang melekat padanya seperti ukuran, jenis, warna, dan sebagainya sehingga pembaca atau reader dapat mengetahui seperti apa sesuatu itu dari gambaran yang kita sampaikan meskipun ia belum pernah melihatnya.

C. Struktur Text (Generic Structure)

Descriptive text mempunyai aturan tersendiri dalam penulisannya, termasuk dalam struktur atau susunan yang harus ditulis secara urut. Jika kamu diminta untuk membuat descriptive text, maka pastikan susunannya adalah sebagai berikut:

  1. Identification: Bagian ini – pada paragraf pertama – tujuannya adalah untuk mengidentifikasi sesuatu yang ingin dideskripsikan atau digambarkan. Penjelasan mudahnya, indentification berfungsi untuk memperkenalkan kepada pembaca tentang objek atau sesuatu yang akan kita gambarkan sebelum kita beritahu tentang sifat-sifatnya. Tujuannya agar jangan sampai pembaca salah orang. Kita mau menggambarkan mobil misalnya, tapi pembaca mengiranya motor.
    Contoh: kamu diminta untuk menggambarkan mobil barumu, maka isi identification-nya adalah: Ayahku baru saja membelikan mobil baru. Mobil ini sebenarnya sudah lama aku idam-idamkan, tapi baru sekarang ayahku membelikannya. (Berarti yang akan digambarkan adalah mobilku, bukan mobil orang lain).
  2. Description: Bagian ini – pada paragraf kedua dan seterusnya – berisi tentang sifat-sifat yang melekat pada sesuatu yang sudah kamu kenalkan pada pembaca pada paragraf pertama.
    Misal (melanjutkan tentang mobil di atas): Mobil baruku ini merupakan mobil sport keluaran terbaru dari Toyota. Jumlah bangkunya hanya dua, satu untuk sopir dan satunya untuk penumpang, begitu juga dengan pintunya. Mobil ini bisa melesat hingga kecepatan 500 km/jam, hampir sama dengan kecepatan pesawat berjenis Foker.

D. Ciri-Ciri Descriptive Text

Ciri-ciri ini penting untuk kamu perhatikan agar ketika menulis descriptive text tidak salah. Jadi pastikan kamu menggunakan ciri-ciri berikut ini ketika akan menulis menggunakan genre descriptive text:

  1. Menggunakan Simple Present Tense. Kenapa menggunakan simple present tense? hal ini karena kita akan menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran yang melekat pada sesuatu atau orang. Dan salah satu fungsi dari simple present adalah untuk menggambarkan sebuah fakta atau kebenaran (contoh fakta: matahari itu panas). Oleh karena itu kamu harus selalu menggunakan kata kerja bentuk pertama (verb-1).
    Misal kamu akan menggambarkan sifat-sifat mobil baru kamu: The color of my car is black, it can run up to 500 km/hour.
  2. Karena fungsinya adalah untuk menggambarkan sesuatu dengan menjelaskan sifat-sifatnya, maka dalam descriptive text akan banyak dijumpai kata sifat (adjective), seperti handsome, beautiful, tall, small, big, atau jika kata sifat tersebut berasal dari kata kerja, maka kamu akan mendapati tambahan -ve, -ing, -nt di belakangnya,
    Contoh:
    Create (membuat) > creative (orang yang pintar membuat sesuatu).
    Interest (menarik) > interesting (sesuatu yang menarik)
  3. Dalam descriptive text kita juga akan sering menjumpai relating verb (kata kerja penghubung) yaitu is (seperti pada ciri nomor 1). Is dalam bahasa Indonesia sering diartikan dengan “adalah”. Karena tujuan atau fungsi descriptive text adalah untuk menggambarkan, maka pasti kita akan sering menjumpai kata adalah (is). His name is Andy (namanya adalah Andy), his height is 160 cm (tingginya adalah 160 cm).

definisi descriptive text dan contohnya beserta penjelasannyaE. Contoh Descriptive Text dan Penjelasannya.

Contoh 1: Borobudur Temple.

Borobudur is Hindu – Budhist temple. It was build in the nineth century under Sailendra dynasty of ancient Mataram kingdom. Borobudur is located in Magelang, Central Java, Indonesia.

Borobudur is well-known all over the world. Its construction is influenced by the Gupta architecture of India. The temple is constructed on a hill 46 m high and consist of eight step like stone terrace. The first five terrace are square and surrounded by walls adorned with Budist sculpture in bas-relief. The upper three are circular. Each of them is with a circle of bell shape-stupa. The entire adifice is crowned by a large stupa at the centre at the centre of the top circle. The way to the summit extends through some 4.8 km of passage and starways. The design of borobudur which symbolizes the structure of universe influences temples at Angkor, Cambodia.

Penjelasan:

  1. Paragraf pertama: Identification, menggambarkan sepintas tentang Candi Borobudur yang akan dideskripsikan sehingga pembaca tidak akan salah paham tentang candi yang sedang dibicarakan. Bahwa candi yang dimaksud adalah candi yang bernama Borobudur, yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah.
  2. Paragraf kedua: Description, berisi tentang penjelasan atau deskripsi Candi Borobudur dengan memaparkan sifat-sifatnya seperti:
    – berada di bukit dengan ketinggian 46 meter dan terdiri dari 8 tingkat seperti teras.
    – 5 tingkat pertama berbentuk kotak (square) dan dikelilingin tembok.
    – 3 tingkat paling atas berbentuk bulat (circular).

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian, Tujuan, Ciri, Descriptive Text dan Contohnya. Jika kamu menyukai penjelasan ini, jangan lupa untuk memberikan sumbangan like, twit atau komentarnya di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.