Kata Kerja yang diikuti to Infinitive (Sebagai Objek)

A. Pendahuluan.

Sering kita harus menggunakan verbs setelah verbs lainnya seperti dalam kasus Kata Kerja yang diikuti to Infinitive. Jika verb diikuti oleh verb yang lain, maka verb yang mengikuti tersebut berfungsi sebagai object kalimat. Verbs yang mengikuti tersebut dapat berbentuk infinitive atau dapat juga berbentuk gerund, tergantung pada verb yang diikutinya. Tidak ada rumusan baku untuk  mengetahui mana kata kerja yang diikuti oleh to infinitive dan mana yang harus diikuti oleh gerund. Kita hanya bisa menghafalkannya satu persatu. Materi ini sering sekali dijadikan salah satu bahan ujian seperti dalam test TOEFL atau TOEIC. Jadi jika kamu berencana untuk mengikuti salah satu ujian test tersebut, pastikan bisa membedakan mana kata kerja yang harus diikuti to infinitive dan mana yang harus diikuti oleh gerund.

B. Contoh Kata Kerja yang diikuti Infinitive.

Verbs (dicetak biru) berikut ini harus diikuti oleh infinitive:

  1. Everybody has agreed to meet again next week. (Tiap orang telah setuju untuk bertemu kembali minggu depan).
  2. Our government decided to lower the gasoline price. (Pemerintah kita memutuskan untuk menurunkan harga bensin).beberapa kata kerja yang diikuti to infinitive dan contoh kalimatnya
  3. I am so sorry. I didn’t intend to hurt your feeling. (Saya sangat menyesal. Saya tidak bermaksud untuk menyakiti hatimu).
  4. She refused to accept my help. (Dia menolak untuk menerima bantuan saya).
  5. If you don’t strive to learn English, your English will not improve steadily. (Jika kamu tidak berjuang keras untuk belajar bahasa Inggris, bahasa Inggris kamu tidak akan terus meningkat).
  6. He claimed to have returned my book but I am a hundred percent sure that he hasn’t. (Dia mengklaim telah mengembalikan buku saya tetapi saya 100% yakin dia belum mengembalikannya).
  7. Look! The newly born calf is attempting to stand on his own feet. (Lihat!. Anak sapi yang baru saja lahir itu sedang mencoba untuk berdiri di atas kakinya sendiri).
  8. It’s going to be rain, we should prepare to go now (Sepertinya hujan akan turun, sebaiknya kita bersiap untuk pergi sekarang)
  9. I would like to say thank you very much for your attentions (Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian Anda)
  10. The police has tried to warn him not to cross the highway (Polisi telah memperingatkannya untuk tidak menyeberang jalan)

Demikian postingan tentang Kata Kerja yang diikuti to Infinitive (Sebagai Objek). semoga membantu dan jika menurut kamu tulisan ini bermanfaat, mohon sharenya melalui tombol Like atau dengan meninggalkan komentar di bawah ini. Terima Kasih.

Jangan lupa share ya...
Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Be the First to Comment!

Kabari saya jika
avatar
wpDiscuz