Format Conditional Sentence dengan Unless

A. Definisi.

Conditional sentence dengan unless ini adalah format conditional sentence yang tidak menggunakan if seperti pada umumnya dan diganti dengan unless. Lalu apa yang dimaksud unless itu sendiri? Jika diartikan, maka unless itu artinya adalah “jika … tidak”. Misal: You will be sick unless you eat. Kamu akan sakit jika kamu tidak makan. Rumusannya pun tidak berbeda dengan rumus conditional sentence pada umumnya, hanya cara menterjemahkannya yang harus benar karena kalimat conditional sentence pada umumnya mengandung kata “if” sedangkan unless ini tidak. Jadi orang yang tidak tahu maka dia tidak sadar bahwa kalimat ini yang mengandung kata unless juga termasuk conditional sentence.

B. Format Conditional Sentence dengan Unless.

Pada dasarnya, format dengan menggunakan unless ini sama dengan format pada umumnya yang terdiri dari tiga type.

  1. Type 1 (Unless + Present)
    • I will not come to your home, unless you pick me up. (aku tidak akan datang ke rumahmu, jika kamu tidak menjemputku).
    • She will help you to do your home work, unless she is sick. (dia akan menolongmu, jika ia tidak sakit).
    • You will not able to finish your job, unless you take extra time. (kau tidak akan mampu menyelesaikan pekerjaanmu, jika kamu tidak mengambil waktu ekstra).
  2. Type 2 (Unless + Past)
    • Unless I woke up early yesterday, I would miss the bus. (Jika aku tidak bangun pagi, aku akan ketinggalan bis kemarin)
    • I would not tell you, unless I believe in you. (aku tidak akan memberitahumu jika aku tidak mempercayaimu)
    • I would be here by now unless I was stuck in the traffic. (aku tidak akan di sini jika aku tidak terjebak macet)
  3. Type 3 (Unless + Past Perfect)
    • The robber would have shot her unless she had given them her car. (Perampok itu akan menembaknya jika ia tidak menyerahkan mobilnya).
    • I would not have been a judge unless I had studied hard. (Aku tidak akan menjadi hakim jika dulu aku tidak belajar giat).
    • The chicken would have been cut unless it had run before I caught. (Ayam itu sudah ku sembelih jika ia tidak lari sebelum aku tangkap)

format dan contoh kalimat conditional sentence dengan unless

Demikianlah penjelasan singkat tentang format conditional sentence dengan unless. Semoga bermanfaat. Like dan Twit kamu untuk artikel ini adalah semangat saya untuk terus memberikan materi bahasa Inggris yang bermanfaat lainnya.

Jangan lupa share ya...
Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

Be the First to Comment!

Kabari saya jika
avatar
wpDiscuz