8 Cara Mengungkapkan Ekspresi Lelah Dalam Bahasa Inggris

Bagikan ke teman:

ekspresi lelah dalam bahasa inggris

Pada umumnya orang menggunakan kata “tired” untuk mengungkapkan kata lelah dalam bahasa Inggris. Namun sebenarnya ada banyak ungkapan lain yang bisa digunakan untuk kata lelah atau capek. Bahkan sebenarnya ada juga ungkapan lain untuk menggambarkan perasaan sangat capek atau terlalu lelah tanpa harus menggunakan kata “very” sebelum kata tired. Nah, jika Anda tidak mau gagal paham dalam berdialog dengan native speaker karena kurangnya kosa kata (vocabularies), maka sebaiknya Anda hafalkan dan pahami betul beberapa ungkapan lelah di bawah ini.

Cara Mengungkapkan Ekspresi Lelah dalam Bahasa Inggris

  1. I am tired
    Ini adalah cara yang paling umum dan paling banyak digunakan untuk mengungkapkan ekspresi lelah. Anda juga bisa menggunakan adverb atau atau kata kerja “feel” untuk memperjelas ekspresi lelah seperti di bawah ini:

    • I am very tired (saya sangat lelah)
    • I am kind of tired (saya agak lelah)
    • She is pretty tired (dia cukup lelah)
    • I feel tired (saya merasa lelah)
    • I am tired of all this (Saya merasa lelah dengan semua ini)
      Yang perlu dicatat dari beberapa contoh di atas adalah jika kita ingin mengatakan “lelah dengan” maka jangan menggunakan kata with seperti I am tired with this life, tapi gunakanlah preposisi “of”. Seperti I am tired of people asking me why I am not married yet (saya lelah terhadap orang yang bertanya mengapa saya belum menikah).
  2. I’m beat. 
    Ungkapan lain selain I am tired yang sering sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari adalah I am beat. Tapi ini hanya untuk percakapan non formal seperti percakapan dengan teman.
  3. I am exhausted. 
    Berbeda dengan tired, jika seseorang mengatakan exhausted berarti dia merasakan sangat lelah. Jadi jika sudah menggunakan kata exhausted, maka kita tidak perlu lagi menggunakan kata very.

    • I am exhausted.
    • She felt exhausted after playing football.
  4. I am drained.
    Drain arti dasarnya adalah menguras. Kita bisa menggunakan kata drained untuk mengungkapkan ekspresi bahwa tenaga kita sudah terkuras alias lelah.

    • I have been working so much. I am drained (Saya sudah bekerja terlalu berat. tenaga saya habis terkuras/lelah).
    • she feel drained after working all weekend. (Dia merasa sangat kelelahan setelah bekerja seminggu penuh).
  5. I’m worn out. 
    Ini juga merupakan ekspersi lelah yang harus Anda ketahui karena banyak digunakan oleh para native speaker. Ekspersi ini digunakan untuk mengungkapkan bahwa seseorang merasa sangat kelelahan setelah bekerja keras dan telah menggunakan banyak energi dalam waktu yang lama.

    • I have worked every day for the last 3 months. I’m worn out. (Saya sudah bekerja setiap hari selama tiga bulan terakhir, saya lelah sekali).
    • We have been so busy this week. I am worn out. (Kita sangat sibuk sekali minggu ini, saya lelah sekali).

    Kita juga bisa menggunakan frasa “worn out” untuk pakaian atau barang yang sudah kita gunakan terlalu lama sehingga kondisinya sudah tidak bagus lagi.

    • I have been wearing these shoes for 2 years. They are worn out. (Saya sudah menggunakan sepatu ini selama 2 tahun. Sepatu ini sudah jelek sekali).
  6. I’m wiped out. 
    Arti dasar dari wiped out sebenarnya adalah musnah. Tapi meskipun begitu ini bisa kita gunakan juga untuk mengungkapkan ekspresi kelelahan juga. Jika kita terjemahkan bebas, maka arti yang tepat untuk kata ini dalam bahasa percakapan kita adalah “tumbang”. Kita biasa mengatakan, “Maaf, kemarin saya tumbang karena lembur semalaman tidak tidur sama sekali”.
  7. I’m burnt out. 
    Ekspersi ini digunakan untuk menunjukkan bahwa kita sangat lelah karena telah melakukan sebuah pekerjaan yang sangat lama sekali. Semua energi telah habis digunakan sehingga membuat kita sudah tidak ada semangat tidak ada lagi untuk melakukan apa-apa lagi.

    • I have worked overtime every day for the past month. I am burnt out. (saya telah bekerja sepanjang hari selama satu bulan penuh. Saya lelah sekali).

    Untuk diingat bahwa ekspresi ini hanya digunakan untuk waktu yang sangat panjang. Kalau untuk waktu yang pendek atau singkat, sebaiknya gunakan yang lainnya.

    • I ran for an hour today. I am exhausted. (Saya berlari selama 1 jam hari ini. saya kelelahan).
  8.  I am weary. 
    Kata “weary” merupakan kata yang biasa digunakan untuk mengungkapkan ekspresi kelelahan secara lebih formal. Kata ini lebih sering ditemukan dalam buku dan artikel ilmiah.

Sumber: TalkEnglish.com

Demikianlah beberapa kata atau frasa yang biasa digunakan untuk mengungkapkan ekspresi lelah dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai postingan ini, mohon share dengan memberikan like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Tagged , , . Bookmark the permalink.