Perbedaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense

A. Pengantar.

Bagi yang baru saja mempelajari tenses, biasanya akan dibingungkan dengan Perbedaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense. Hal ini karena keduanya sama-sama berfungsi untuk menunjukkan suatu kegiatan yang sudah lewat, sehingga ketika sedang melakukan percakapan kadang akan bingung untuk memilih menggunakan simple past tense atau present perfect tense. Setidaknya itu juga yang terjadi pada saya pada awal-awal saya belajar bahasa Inggris dulu. Ini juga bisa kamu jadikan bahan untuk diskusi atau bertanya kepada bapak ibu guru bahasa Inggris kamu karena biarpun kamu sudah memahaminya, belum tentu teman kelasmu sudah paham. Jadi setidaknya akan membantu temanmu yang lain dalam memahami perbedaan kedua tenses ini.

B. Perbedaan.

perbedaan present perfect dan simple past dari berbagai segi

Baiklah, sekarang kita akan mengkaji beberapa perbedaan simple past tense dan present perfect tense dengan melihat beberapa faktor:

  1. Pengertian.
    Simple past tense adalah suatu tense yang menunjukkan suatu pekerjaan yang terjadi pada masa lampau tanpa ingin menunjukkan apakah pekerjaan tersebut telah atau sedang dikerjakan.
    Present perfect tense adalah suatu tense yang menunjukkan suatu pekerjaan yang telah dikerjakan pada waktu yang belum lama atau jika sudah lama maka ingin menunjukkan bahwa pelaku “pernah” melakukannya.
  2. Waktu.
    Keterangan waktu yang digunakan Simple past tense adalah masa lampau yang lebih spesifik, seperti: last week, yesterday, at 9 pm last night dan lain sebagainya. Artinya masa pada suatu periode (hari, minggu, bulan dan lain-lain) sudah berakhir.
    Contoh:
    I went to Bali last last year (Aku pergi ke Bali tahun lalu). Waktu yang digunakan adalah tahun lalu (misal tahun 2013)  yang tentunya sudah berakhir karena sekarang sudah tahun 2014.
    Sementara Perfect perfect tense tidak bisa menggunakan keterangan waktu lampau karena bentuknya present namun masih memungkinkan untuk menggunakan masa yang telah lewat tapi masih dalam periode yang sama. Misalnya minggu ini, hari ini dan lain-lain.
    Contoh:
    I have sent the email this week (Aku sudah mengirim email minggu ini).
  3. Modus Akitifitas.
    Simple past tense hanya digunakan untuk suatu aktifitas yang terjadi pada masa lampau dengan waktu yang spesifik tanpa ingin menunjukkan bahwa pekerjaannya pada waktu itu sedang atau telah dikerjakan.
    Contoh:
    I called you at 7 a.m yesterday, but you did not pick the phone up (Aku menelponmu pada pukul 7 kemarin pagi tapi kamu tidak mengangkatnya).
    Sementara Present perfect tense selain bisa digunakan untuk menunjukkan pekerjaan yang baru saja selesai, ia juga bisa digunakan untuk menunjukkan aktifitas pada masa lalu dengan maksud ingin menunjukkan bahwa pelaku pernah melakukan pekerjaan tersebut pada waktu yang tidak spesifik.
    Contoh:
    I have ever gone to Bali with my family (Aku sudah pernah pergi ke Bali).
    Have we met in this place before? (Apakah kita pernah bertemu di sini sebelumnya?)
  4. Akibat yang ditimbulkan.
    Present perfect tense untuk menunjukkan bahwa aktifitasnya baru saja dikerjakan, sehingga akibat yang ditimbulkan masih bisa dirasakan.
    Contoh: Be careful with that door, I have just painted it (hati-hati dengan pintunya, aku baru saja mengecetnya). Artinya karena baru saja dampak dari pengecetan yang baru saja dilakukan, catnya masih basah.
    Sementara simple past tense dampaknya sudah tidak terlalu dirasakan karena sudah lampau.
    Contoh: I played football yesterday (aku kemarin bermain bola). Artinya karena sudah kemarin, maka aku sudah tidak begitu merasakan capeknya bermain bola.

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan simple past tense dan present perfect tense dilihat dari berbagai segi. Semoga bermanfaat. Jika Anda menyukai artikel ini, mohon like, twit atau meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Jangan lupa share ya...
Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Komentar

23 Comments on "Perbedaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense"

Kabari saya jika
avatar
Susun berdasar:   terbaru | terlama
Bayu Van Radhit

Artikel singkat tapi jelas, keren banget.

Cicih Warnengsih

Thanks,,,, cukup membantu

Varda Ayu Safira

Makasih 🙂

Grahita Rezhi Egarani

like this article

Ibadurrahman Kahfi

thanks

wpDiscuz